TENTANG SIAGA BENCANA BERBASIS MASYARAKAT

PROGRAM Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (Pertama) merupakan salah satu upaya PMI dalam rangka mengurangi risiko bencana dengan cara meningkatkan kapasitas masyarakat dalam kesiapsiagaan/mitigasi bencana. Upaya ini diharapkan nantinya dapat mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat terhadap upaya-upaya pengurangan risiko bencana.
Masyarakat yang mendapatkan pendidikan, pelatihan dan pembinaan oleh PMI melalui Program Pertama tersebut menjadi Tenaga Sukarelawan (TSR) yang diwadahi dalam Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.
Pembentukan Tim Sibat PMI Kota Cilegon diawali dengan dilaksanakannya Program Pertama pada akhir tahun 2011, kerjasama dengan Japanese Red Cross Society (JRCS) hingga tahun 2015. Tim Sibat yang dibentuk berasal dari Kelurahan Samangraya (Kecamatan Citangkil), Kelurahan Kepuh (Kecamatan Ciwandan) dan Kelurahan Lebak Gede (Kecamatan Pulomerak).
Beberapa tahun kemudian, PMI Kota Cilegon membentuk kembali Tim Sibat di Lingkungan Ciporong, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak dan Lingkungan Gunung Sugih II, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak.
Pada tahun 2022, hasil Musyawarah Kerja PMI Kota Cilegon, pembentukan Tim Sibat telah dijadikan Pogram Prioritas hingga 2026.

DATA TIM SIBAT PMI KOTA CILEGON

DOKUMENTASI KEGIATAN TIM SIBAT PMI KOTA CILEGON 2012-2020